Social WEB

Sunday 26 July 2015

Teknik Pukulan dan Tendangan Yang Cepat Memberikan Daya Rusak Yang Besar




silat
Tag: Teknik Pukulan dan Tendangan Yang Cepat Memberikan Daya Rusak Yang Besar, Teknik pukulan yang baik, konsep fisika dalam pencak silat.

Dalam olahraga pencak silat pukulan dan tendangan merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap anggota pencak silat. Meskipun masih banyak teknik lain yang harus dikuasai (seperti bantingan, kuncian, dan lain-lain) namun teknik pukulan dan tendangan dirasa yang paling penting dari semua teknik yang ada. Teknik pukulan dan tendangan yang baik akan menghasilkan daya rusak yang luar biasa.

Kali ini saya akan membahas analisa pukulan dan tendangan dengan pendekatan ilmu fisika. Bagi yang tidak menyukai fisika tenang saja, pembahasan akan dibuat menarik dan mudah difahami. Sebelumnya saya juga telah membahas teknik pencak silat berdasarkan ilmu fisika, namun hanya berupa serkel dan tendangan sabit. Bagi yang belum membaca silahkan klik disini.

Seperti yang kita ketahui dalam ilmu fisika ada yang namanya gaya Impuls. Impuls didefinisikan sebagai selisih antara momentum akhir dengan momentum awal. Sehingga kita dapat menuliskan persamaan impuls menjadi
Dimana ∆P adalah perubahan momentum (selisih antara momentum akhir dengan momentum awal), F merupakan gaya dan ∆t merupakan waktu kontak gaya mengenai benda.

Sekarang coba kita perhatikan hubungan persamaan di atas. Dapat disimpulkan jika Impuls konstan, besarnya gaya F yang mengenai benda berbanding terbalik dengan waktu kontak. Jadi semakin kecil waktu kontak sebuah gaya mengenai benda, maka akan semakin besar nilai gaya yang diberikan. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Sebuah pukulan yang mengenai sasaran juga sama konsepnya dengan penjelasan di atas. Semakin singkat waktu tangan mengenai sasaran, maka akan semakin besar gaya yang diberikan oleh tangan ke sasaran. Hal tersebut dapat dicapai dengan melakukan pukulan cepat dan langsung ditarik. Hal yang sama juga berlaku untuk teknik tendangan. Semakin singkat waktu kaki mengenai sasaran, maka gaya yang dihasilkan juga semakin besar.

Kalau kita perhatikan seorang pelatih karate juga melakukan hal yang sama. Setiap melakukan pukulan atau tendangan selalu dilakukan dengan cepat. Setelah mengenai sasaran akan langsung ditarik untuk menghasilkan daya rusak yang besar. Jika waktu kontak gaya dengan sasaran cukup lama. Maka justru daya rusak yang dihasilkan akan semakin kecil.

Jika sobat masih ragu dapat dibuktikan sendiri kebenaran dari konsep fisika di atas. Dapat menggunakan alat pengukur daya pukulan dan tendangan atau dengan perasaan (dirasakan sendiri). Tapi saya jamin kalau konsep di atas sudah benar karena sudah banyak dibahas di berbagai buku fisika.
Sekian dulu pembahasan mengenai teknik pencak silat. Di lain waktu akan disambung lagi. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ya sobat dengan mengeklik tombol share di bawah ini. terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda