Social WEB

Tuesday 14 July 2015

Sistem Pendengaran pada Manusia



Manusia memiliki batas pendengaran terhadap bunyi. Bunyi yang berfrekuensi sangat rendah dan berfrekuensi terlalu tinggi tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Berdasarkan frekuensinya, gelombang bunyi dibedakan menjadi tiga, yaitu gelombang infrasonik, gelombang audiosonik, dan gelombang ultrasonic.

 hjv
Gambar 1 Struktur Telinga Manusia

Telinga manusia hanya dapat mendengar bunyi yang mempunyai frekuensi  tertentu. Bunyi yang dapat kita dengar dinamakan bunyi audiosonik. Bunyi audiosonik mempunyai frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Jadi, kita akan dapat mendengar suatu bunyi berkisar 20 Hz – 20.000 Hz. Bunyi di bawah 20 Hz atau di atas 20.000 Hz tidak dapat kita dengar.

Struktur Organ Dan Fungsi Telinga manusia
Telinga terdiri dari tiga bagian: telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

1. Telinga luar
Bagian luar merupakan bagian terluar dari telinga. Telinga luar terdiri dari:
a. Daun telinga atau pinna adalah bagian telinga terluar yang membatasi bagian luar kepala dengan saluran telinga. Fungsi daun telinga adalah untukmengumpulkan suara.  Daun telinga juga dapat memperbesar (mengamplifikasi) suara dan mengarahkannya ke saluran telinga. Ketika memantul pada daun telinga, suara juga mengalami proses penyaringan yang akan memberikan informasi mengenai lokalisasi suara. Efek penyaringan tersebut pada manusia terutama untuk memilah suara yang berada di rentang frekuensi suara manusia.
b. Liang telinga atau meatus auditorius eksternus, merupakan bagian terpenting untuk menangkap suara.
c. Gendang Telinga atau membran timpani adalah selaput atau membran tipis yang memisahkan telinga luar dan telinga tengah. Berfungsi untuk menghantar getaran suara dari udara menuju tulang pendengaran di dalam telinga tengah. Gendang telinga secara anatomi dibagi 2 yaitu pars tensa (tegang) dan pars flaksida;
1) Pars tensa, sebagain besar gendang telinga merupakan pars tensa, terdiri dari 3 lapis, bagian luar lanjutan kulit liang telinga, di tengah jaringan ikat, dan bagian dalam yang mengarah ke telinga tengah, merupakan lanjutan mukosa telinga tengah.
2) Pars flaksida, bagian atas gendang telinga (daerah atiq), hanya terdiri dari dua lapis tanpa jaringa ikat di bagian tengah. 

 membran
Gambar 2 Membran Tympani (gendang telinga)

2. Telinga tengah 
Telinga tengah adalah rongga udara di belakang gendang telinga, yang meliputi yaitu:

a.Tulang martil atau malleus, adalah tulang kecil yang berbentuk seperti martil  yang menyusun tulang pendengaran pada telinga tengah. Tulang ini terlekat pada bagian permukaan dalam gendang telinga dan ujung lainnya pada tulang landasan. Tulang ini berfungsi menghantarkan getaran suara dari gendang telinga ke tulang landasan.

b.Tulang landasan atau incus adalah tulang kecil yang berbentuk seperti landasan. Tulang ini merupakan salah satu tulang pendengaran dan menghubungkan tulang martil dan tulang sanggurdi.
c.Tulang sanggurdi atau stapes merupakan tulang kecil yang menyerupai sanggurdi kuda. Tulang ini merupakan tulang pendengaran terakhir pada telinga dalam. Tulang sanggurdi adalah tulang terkecil dan teringan pada tubuh manusia .

d.Otot stapedius adalah otot rangka terkecil pada tubuh manusia. Panjangnya hanya sekitar 1 milimeter. otot ini berfungsi untuk menstabilkan tulang terkcil pada tubuh, tulang sanggurdi dan membantu penghantaran getaran suara ke telinga dalam. Kelumpuhan pada stapedius dapat menyebabkan osilasi lebar pada tulang sanggurdi, menyebabkan reaksi peninggian getaran suara. Suara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ketulian. Stapedius dipersarafi oleh salah satu saraf otak yaitu nervus facialis.

e.Saluran Eustachi merupakan saluran dalam telinga yang menghubungkan telinga luar (daun telinga) dengan telinga bagian tengah. Pada saluran ini, suara dikumpulkan dan diatur gelombang frekuensinya agar sesuai dengan telinga manusia. Pada saluran ini juga terdapat kelenjar perilimfe dan kelenjar endolimfe, serta lemak dan air.

3. Telinga dalam
a. Pada telinga dalam terdapat koklea atau rumah siput. Penampang melintang koklea terdiri dari tiga bagian yaitu skala vestibuli, skala media, dan skala timpani. Bagian dasar dari skala vestibuli berhubungan dengan tulang sanggurdi melalui jendela berselaput yang disebut tingkap oval, sedangkan skala timpani berhubungan dengan telinga tengah melalui tingkap bulat. Koklea berfungsi menangkap suara getaran dari membrane tyimpani. kemudian menyebabkan stereocilia bergetar. kemudian sterocilia mengubah getaran tersebut menjadi sebuah impuls saraf dan di sampaikan ke syaraf otak untuk diinterpretasi.

 
Gambar 3 Struktur koklea

b. Tingkap oval atau fenestra ovalis adalah bukaan berselaput yang menghubungkan telinga tengah dengan telinga dalam. Getaran suara akan dihantar dari gendang telinga, tulang pendengaran (martil, landasan, sanggurdi), dan kemudian ke selaput di tingkap oval untuk dilanjutkan ke telinga dalam. Bukaan yang berbentuk seperti bentuk ginjal dan diameter panjangnya pada sisi horizontal dan memiliki bingkai yang cembung.

c. Tingkap bulat atau fenestra rotunda adalah satu dari dua selaput yang memisahkan telinga tengah dan telinga dalam. Tingkap bulat terletak di bawah dan sedikit di belakang tingkap oval Tingkap bulat akan menghubungkan skala tyimpani dengan telinga tengah. Selaput tingkap bulat terdiri dari tiga lapisan:
~ bagian luar atau mukus, berasal dari garis mukus cavitas timpani;
~ bagian dalam, dari membran koklea;
~ bagian tengah, sebuah lapisan fibrosa

d. Membran basilaris merupakan struktur Membran basilaris seperti senar bervariasi lebar dan ketebalannya. Ukuran dari basilar membrane rata-rata sekitar 35 mm. Dari ukuran panjang tersebut dapat dihasilkan 10 resolusi frekuensi, sehingga pada setiap 3.5 mm panjang membran terdapat 1 oktaf frekuensi resonansi. Gerakan membran basilar umumnya digambarkan sebagai gelombang. Parameter membran pada suatu titik tertentu di sepanjang panjangnya menentukan frekuensi (CF), frekuensi ini sangat sensitif terhadap getaran suara. Membran basilar adalah terluas (0,42-0,65 mm) dan paling kuat di puncak koklea, dan tersempit (0,08-0,16 mm) dan paling kaku di dasar suara frekuensi tinggi. Terletak dekat pangkal koklea (dekat jendela bulat dan oval), sedangkan frekuensi rendah suara terletak dekat puncak koklea.
7: Sistem Sonar
e. Membran Reissner atau membrana vestibularis adalah sebuah selaput di dalam koklea pada telinga dalam. Selaput ini memisahkan skala media dari skala vestibuli. Bersama membran basilaris membentuk sebuah ruangan di koklea yang berisi perilimfe, yang penting untuk mendukung fungsi organo corti.

f. Organo corti terdiri dari sel rambut dan sel penyokong. Di atas sel rambut terdapat membran tektorial yang terdiri dari gelatin yang lentur, sedangkan sel rambut akan dihubungkan dengan bagian otak dengan saraf vestibulokokleari. Organo corti berfungsi mengubah getaran suara menjadi impuls

g. Sel rambut adalah sel yang ada di dalam telinga yang berfungsi sebagai penerus gelombang suara dari telinga dalam kepada sel-sel syaraf pendengaran. Juga berfungsi sebagai landasan atau dasar dari koklea dan tulang-tulang pendengaran di dalam telinga.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda