Social WEB

Thursday 16 July 2015

Kontroversi energi potensial bukanlah energi



Tag: kontroversi energi potensial, energi potensial bukanlah energi, konsep energi mekanik.

Jika kita berbicara tentang energi potensial pasti sudah tak asing lagi di telinga sobat sains. Karena sebagian besar soal mekanika yang pernah kita kerjakan pasti terdapat konsep energi potensial dan energi kinetik. Total dari energi potensial dan energi kinetik dinamakan energi mekanik. Hukum kekekalan energi kinetik berguna jika gaya yang bekerja pada sistem hanya berupa gaya konservatif.

Ya konsep tentang energi mekanik memang sudah kita dapatkan saat kita masih duduk di bangku SMP. Saya sendiri juga mendapatkannya seperti itu. Namun tahukah sobat, ada sebuah journal international yang mengatakan bahwa sebenarnya energi potensial itu bukanlah energi. Bagaimana bisa demikian? Nanti akan kita bahas di bawah bagaimana penurunan rumus dan konsep yang di pahami oleh sang penulis journal tersebut.

Journal yang saya sebutkan di atas merupakan journal yang di terbitkan oleh International Journal of Applied Physics and Mathematics. Judulnya adalah” Equivalency of Momentum and Kinetic Energy and Pythagorean Conservation of Mass and Energy” dengan penulisnya bernama Mohsen Luthepy berasal dari Iran. Dia merupakan seorang peneliti dan insinyur. Terlebih lagi sobat, dia telah mendefinisikan teori fisika baru yang dinamakan fisika mutlak. Saya sendiri juga belum begitu memahami apa itu fisika mutlak yang sebenarnya.

Kembali lagi pada topik, dalam isi jurnal tersebut dituliskan bahwasannya energi potensial yang kita pahami selama ini bukanlah sebuah energi. Hal tersebut didasarkan pada Hukum Usaha yang menyatakan,
rumus
Dimana r merupakan jarak perpindahan benda dan k merupakan suatu konstanta.

Selanjutnya persamaan di atas dapat kita tulis lagi menjadi

rumus2
Jika kita mengasumsikan bahwa r2=∞ dan r1=r maka kita dapat menuliskan persamaan menjadi
 rumuuus
Sehingga kita dapat menuliskan hasil akhirnya dalam Ep=E - E.
Karena fakta bahwa selisih dari energi bukan merupakan energi, maka energi potensial dianggap bukan merupakan energi juga. Satu yang perlu diingat jika dalam pembahasan ini kita menggunakan pendekatan relativistik.

Nah semua itu merupakan bagian dari fisika mutlak yang didefinisikan oleh Mohsen Luthepy. Mugnkin sobat sains ada yang tidak setuju dengan teori yang dikemukakan oleh Mohsen Luthepy. Itu memang merupakan suatu kewajaran mengingat toeri tersebut juga belum tentu benar, masih perlu pengkajian dari pakar-pakar fisika yang lain.

Sekian dulu sobat, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

baca juga: mengapa di bulan tidak ada oksigen atau hukum ohm yang sebenarnya bukan V=IR

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda