Social WEB

Wednesday 1 July 2015

Cara Mudah Menjadi Master Fisika



Menurut kebanyakan orang fisika merupakan pelajaran yang amat sulit. Persepsi tersebut seakan sudah menjadi label paten dan tidak bisa diubah lagi. Memang kalau dilihat secara sekilas, ilmu fisika penuh dengan rumus-rumus yang panjang, ribet, dan tentu saja bagi kebanyakan orang dirasa sangat sulit. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin berbagi pengalaman terkait bagaimana cara mudah menjadi master fisika atau mahir dalam bidang fisika.

Sebelum itu saya beritahukan dulu kepada sobat-sobat semua bahwa apa yang akan saya tulis kali ini adalah berdasarkan pengalaman penulis sendiri, dan bukan dari hasil pengalaman orang lain apalagi copy paste dari mbah google. Jadi jika nanti ada bagian yang dirasa kurang pas, ya itu mungkin karena perbedaan persepsi kita saja.

Nah langsung saja ya kita bahas metode apa saja yang paling tepat digunakan agar kita bisa menjadi pintar dalam bidang fisika. 

     1. Menyukai pelajaran fisika

Menyukai pelajaran fisika merupakan syarat wajib bagi seorang siswa jika ia ingin menjadi master dalam bidang fisika. Sangat mustahil kalau ada orang yang ingin pintar dalam bidang tertentu, namun dia tidak menyukai bidang tersebut. sebagai contoh ada seseorang yang ingin pandai berenang, namun dia tidak suka dengan air. Ya keinginan tersebut tidak akan pernah tercapai meskipun setiap hari dia melihat video tutorial cara berenang yang baik.

Maka dari itu disini yang harus digaris bawahi adalah syarat pertama dan paling utama bagi sesorang yang mempunyai keinginan menjadi master dalam bidang fisika adalah menyukai pelajaran tersebut. Kalau remaja sekarang bilang “jika ingin memilikiku, maka cintailah aku dengan sepenuh hati”. :D

     2. Berfikir jika fisika itu mudah dan mengasyikkan

Nah inilah yang menurut penulis menjadi kunci utama keberhasilan seseorang dalam belajar fisika. Jangan pernah mempunyai fikiran kalau fisika itu sulit dan membosankan. Kalau sobat-sobat ada yang sudah mempunyai fikiran seperti itu, maka jangan berharap bisa menjadi master fisika.

Mengapa penullis berbicara seperi itu? Karena menurut para ahli, sugesti di dalam alam bawah sadar seseorang itu sangat menentukan kehidupan orang itu di dunia nyata. Jadi jika kita sudah memberi sugesti pada diri kita bahwa fisika itu sulit, maka selamanya kita tidak akan pernah bisa pandai dalam bidang fisika. Kalau tidak percaya bisa di buktikan sendiri jika sugesti dalam alam bawah sadar itu sangat mungkin terjadi.

Kalau sugesti negatif bisa terjadi, apakah sugesti positif juga bisa terjadi? Tentu saja bisa. Maka dari itu mari kita selalu berfikiran positif mulai dari sekarang bahwa fisika itu mudah dan mengasyikkan.

    3. Menyukai guru mata pelajaran fisika

Untuk cara yang ketiga ini mungkin ada yang tidak sependapat. Karena memang ada siswa yang hasil belajarnya tidak akan terpengaruh meskipun mempunyai guru yang pemalas atau tidak disukai. Namun kemungkinannya sangat kecil sekali. Kebanyakan siswa jika diajar oleh guru yang tidak disukai, maka semangat belajarnyapun juga akan menurun. Hal tersebut sudah terbukti oleh penulis sendiri. Ketika masih duduk di bangku SMK dulu, penulis sangat tidak menyukai cara mengajar guru mapel kimia. Dan hasilnya semangat belajar kimia penulis menjadi turun. Hingga sekarangpun jika penulis dihadapkan pada mata pelajaran kimia seakan ingin lari. :D

    4. Meluangkan waktu untuk belajar fisika
Tidak lengkap rasanya kalau hanya sekedar menyukai tapi tidak pernah belajar. Sama halnya jika kita mencintai seseorang tapi tidak pernah mengungkapkan isi hati kepada sang pujaan hati. Sampai kiamatpun tidak akan pernah bisa memiliki. :D

Maka dari itu jika ingin mahir fisika ya harus mau belajar fisika. Belajar disini bukan karena paksaan lho ya. Kan sudah cinta buat apa harus di paksa. Tidak ketemu sedetik saja sudah terasa rindu ingin bertemu dan berduaan dengan rumus-rumus fisika. Bahkan bagi beberapa orang yang memang sudah cinta banget dengan fisika bisa sampai lupa waktu dan lupa makan. Hahaa

Mungkin segitu dulu ya bagi tips-tipsnya. Kapan-kapan di sambung lagi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat sobat semua.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda