Social WEB

Monday 6 July 2015

Naruto dan Fisika: Analisis Jurus Berdiri Di Atas Air Secara Fisika



Halloo sobat sains. Apakah di antara sobat ada yang suka dengan film naruto? Kalau iya berarti sama dengan saya. Meskipun banyak yang bilang kalau film kartun itu hanya untuk anak kecil (sebenarnya naruto itu anime), namun faktanya penggemar film naruto sebagian besar adalah anak remaja dan orang dewasa. Ya mungkin karena alur ceritanya yang unik dan juga banyak kata-kata motivasi di dalamnya. Itu yang menjadikan film naruto berbeda dengan anime lainnya.

Bagi yang sering menonton pasti tidak asing lagi dengan adegan shinobi berlari di atas air. Mengapa para shinobi tersebut tidak tenggelam ke dalam air? Usut punya usut ternyata menurut ceritanya merekan memusatkan chakranya di telapak kaki, sehingga bisa berdiri di atas air. Namun saya sebenarnya tidak setuju dengan pernyataan seperti itu dan lebih tertarik membahasnya secara fisika. Coba sobat amati gabar di bawah ini. Apa bedanya dengan gambar naruto berdiri di atas air?

Kalau kita amati dengan teliti sebenarnya si naruto itu tidak lebih hebat dari seekor nyamuk. Kenapa saya bisa berkata demikian? Karena faktanya nyamuk juga bisa berdiri di atas air seperti halnya naruto dkk. Hal tersebut bukan karena nyamuk bisa memusatkan chakranya di kaki, namun karena air mempunyai tegangan permukaan sehingga di permukaan air seperti ada lapisan tipis yang dapat digunakan nyamuk untuk berpijak.

Coba kita ingat-ingat pelajaran fisika di SMA tentang tegangan permukaan air. Biasanya dicontohkan dengan sebuah jarum yang diletakkan secara perlahan di atas permukaan air. Apa yang terjadi? Ya, ternyata jarum tersebut tidak tenggelam, padahal terbuat dari besi yang massa jenisnya lebih besar dari massa jenis air. Jarum terebut bisa terapung di atas permukaan air karena air memiliki tegangan permukaan. Besarnya tegangan permukaan dirumuskan sebagai

Dengan F merupakan gaya berat benda dan L merupakan panjang benda. Contoh lain dari tegangan permukaan adalah adanya gelembung sabun. untuk menghitung besarnya tegangan permukaan pada gelembung sabun caranya juga sama seperti rumus di atas.

Kembali lagi ke topik utama. Saya sebenarnya tidak setuju jika alasan shinobi dapat berdiri di atas air adalah karena mereka memusatkan chakranya di telapak kaki. Menurut saya semua itu dilakukan karena ada tegangan permukaan pada air sobat. Entah bagaimana mereka juga bisa meringankan tubuh mereka sehingga tidak tenggelam ke dalam air. Kalau sobat bisa meringankan tubuh kemungkinan juga bisa berdiri di atas air..haha

Semoga menghibur...
Waspadalah..waspadalah..

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda