Social WEB

Sunday 5 July 2015

Cara Membuat Biodiesel Dari Minyak Goreng Bekas (Jelantah)



minyak jelantah
gambar 1. minyak goreng bekas (jelantah)
Halloo sobat sains. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat biodiesel dari minyak goreng bekas (jelantah). Di simak yaa...

Ya seperti yang kita ketahui kondisi perekonomian di Indonesia sekarang sedang tidak stabil. Harga bahan bakar minyak naik turun. Hal itu menyebabkan melonjaknya harga bahan-bahan pokok di pasaran. Sebetulnya saya sangat prihatin dengan kondisi negeri ini sobat. Tapi ya apa boleh buat. Yang punya jabatan yang berkuasa. Kita rakyat kecil hanya bisa gigit jari.

Sehubungan dengan hal itu alangkah baiknya kalau kita sekarang mengantisipasi kenaikan bahan bakar minyak dengan cara membuat bahan bakar alternatif dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti minyak goreng bekas. Sebenarnya masih banyak bahan yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif, namun disini kita akan fokus pada pengolahan minyak jelantah secara sederhana sehingga bisa dipraktekkan oleh sobat-sobat semua di rumah. Lumayan kan selain bisa mengurangi limbah juga bisa menghasilkan bahan bakar alternatif. Atau mungkin malah ingin dijual sehingga bisa dijadikan bisnis.

Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat biodiesel dari minyak jelantah antara lain seperti methanol 99% dan soda api (NaOH), ember plastik, gelas ukur, panci, kompor, sarung tangan karet, timbangan, pompa udara akuarium, kain katun tipis untuk penyaring, dan selang. Methanol dan NaOH bisa didapatkan di toko-toko kimia terdekat.

Sedangkan langkah-langkah untuk membuat biodiesel adalah sebagai berikut:
1. Membuat bahan pelarut (metoxida) dengan cara mencampurkan 900 ml methanol dan 21 gram NaOH hingga larut selama 15 menit.
2. Campurkan metoxida ke dalam ember berisi 3 liter minyak jelantah dan aduk memakai sendok plastik selama 30 menit atau campuran sudah rata. Perbandingan jumlah antara metoxida dan minyak jelantah adalah sekitar 1:3.
3. Biarkan 4-12 jam sampai terjadi pengendapan atau pemisahan.
4. Pengendapan ditandai dengan adanya dua lapisan berbeda warna dengan lapisan gelap berada di bawah yang disebut crude gliserin, sedangkan lapisan atas berwarna bening, crude BD. Lapisan kuning inilah yang selanjutnya akan di proses menjadi biodiesel.
5. Pisahkan crude biodisel dari crude gliserin lalu masukkan ke dalam ember. Pada proses pemisahan ini harus dilakukan secara hati-hati agar lapisan crude gliserin tidak ikut masuk ke dalam ember.
7. Selanjutnya cuci crude biodisel dengan air bersih sebanyak dua liter untuk menghilangkan kandungan sabunnya. Seperti yang telah diketahui bahwa sabun ini terbentuk dari proses sebelumnya. Oleh karena itu di cuci dengan air agar kandungan sabunnya larut ke dalam air.
7. Pompakan udara melalui pompa udara akuarium dan biarkan beberapa saat sehingga muncul warna putih susu
8. Pisahkan crude biodiesel yang berwarna kuning dengan air warna putih melalui selang. Proses ini juga harus dilakukan secara hati-hati agar air tidak ikut tebawa.
9. Biodiesel yang telah bening dimasukkan ke panci lalu panaskan hingga 100 derajat beberapa menit agar air dan sisa methanol menguap. Sesuai dengan sifatnya air akan menguapa pada suhu 100 derajat celcius.
10. Biodiesel yang telah dipanaskan selanjutnya akan melalui proses pendinginan. Dan setelah didinginkan biodiesel dapat langsung dipergunakan untuk mobil maupun mesin diesel industri.
Langkah-langkah diatas dapat menggunakan peralatan seadanya di rumah, jika tidak ada, dapat digantikan dengan peralatan yang sejenis. Pembuatan biodiesel sangat mudah, sehingga dapat dilakukan dirumah.
Selamat Mencoba!

2 comments:

methanol itu untuk bahan bakarnya motor RC, itu minyak jelantahnya hilang ya tinggal methanolnya aja

bapak bapak, dan saudara sekalian kami perusahan yang sudah memiliki ijin yang diperlukan untuk mengelolah limbah tsb.
jika memilik stock minyak jelantah/ minyak goreng bekas/ used cooking oil dengan spek yang kami butuhkan bisa menghubungi saya untuk seluruh indonesia.
CP: 082225220969 (call/WA) 08113325200 (call)
email: yohan.purchasinguco@arthametrooil.co.id
website : www.arthametrooil.co.id

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda