Social WEB

Saturday 18 July 2015

Khasiat Semut Jepang Bagi Kesehatan



Tag: manfaat semut jepang bagi kesehatan, ternak semut hitam, budidaya semut hitam.

semut jepang 
Halo sobat sains, kali ini saya akan membagikan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat semua. Akhir-akhir ini di kalangan masyarakat Indonesia sedang ramai membicarakan semut jepang. Sebenarnya saya belum lama mengenal yang namanya semut jepang ini. Bahkan bisa dibilang masih sangat baru.

Sesuai dengan namanya, semut ini berasal dari jepang. Di negara jepang semut ini diberi sebutan ‘ari’ oleh para penduduk di sana. Menurut saya semut jepang ini sangat unik karena namanya mirip seperti namaku (nama penulis juga ari). Tapi tak hanya itu sobat, semut jepang ini ternyata juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Untuk lebih jelasnya nanti akan saya jelaskan manfaatnya di bawah.

Jika dilihat secara fisik, semut jepang ini sangat mirip dengan kutu beras. Warnanya hitam kecoklatan dan memiliki jumlah kaki yang sama dengan serangga lain yaitu berjumlah enam kaki. Semut ini juga memiliki sayap seperti kumbang, namun sayap ini tidak dapat digunakan untuk terbang. Semut jepang ini sudah banyak diternakkan oleh masyarakat karena perawatannya yang relatif mudah dan cepat berkembang biak. Dalam waktu 2 bulan saja semut yang mulanya hanya berjumlah 10 ekor sudah berkembang menjadi 200 ekor. Selain itu harganya yang mahal juga menjadi nilai tersendiri yang menarik perhatian para peternak. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan langsung, harga per ekornya adalah sekitar Rp 1000,00. dapat dibayangkan jika kita memiliki ribuan semut jepang ini. Pasti banyak ya uang yang akan kita dapatkan.

Rupanya di balik harganya yang mahal itu semut jepang ternyata memilik banyak khasiat atau manfaat. Maka tidak heran banyak orang yang mencari semut jepang ini. Khasiat semut jepang tersebut antara lain:

1.. mengatasi asam urat
Asam urat merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang dewasa. Penyakit ini sering disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Dengan mengkonsumsi semut jepang ini penderita asam urat akan mulai merasakan khasiatnya dengan berkurangnya rasa sakit di bagian persendian. Jika dikonsumsi secara rutin, penyakit asam urat akan bisa sembuh.

2.. mengatur kadar kolesterol
Kolesterol yang berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh karena memicu berbagai penyakit. Namun semut jepang ini ternyata juga mempunyai khasiat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

3.. meringankan penyakit jantung
Penyakit jantung memang penyakit yang paling banyak merenggut nyawa orang di dunia. Jika sobat mempunyai tetangga yang menderita penyakit jantung sangat disarankan untuk mengkonsumsi semut jepang karena dipercaya dapat mengobati penyakit jantung.

4.. mengatur tekanan darah
Manfaat lainnya dari semut hitam ini adalahdapat  mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim yang terkandung dalam semut jepang akan membantu mengatur tekanan darah. Karena tekanan darah yang tinggi juga dapat memicu timbulnya penyakit yang lain.

5.. meringankan diabetes
Bagi penderita penyakit diabetes tidak usah lagi risau karena semut jepang ini ternyata dapat mengobati penyakit diabetes. Kandungan dalam semut ini dapat mengurangi gula darah yang berlebihan.

6.. memberi tambahan stamina atau vitalitas
Bagi sobat yang memiliki aktivitas cukup berat, saya sarankan untuk mengkonsumsi semut jepang ini secara rutin. Karena semut jepang dapat menjadi vitamin yang dapat bermanfaat baik bagi kaum pria maupun wanita.

7.. meringankan penyakit hati
Dengan mengkonsumsi semut jepang, penderita penyakit hati atau liver akan sedikit demi sedikit berkurang rasa sakitnya.

8.. membantu mengatasi stroke
Penyakit stroke juga banyak menyerang para lansia. namun ternyata semut jepang ini jika dikonsumsi juga dapat membantu menyembuhkan penyakit stroke.

Begitulah sobat kira-kira manfaat dari semut jepang tersebut. jika sobat masih penasaran dengan khasiatnya boleh dibuktikan sendiri. Atau hanya sekedar ingin beternak juga boleh. Lumayan kan kita hanya diam tapi menghasilkan uang.

Kalau artikel ini bermanfaat tolong bantu share ya. Berbagi itu kan indah. :D
baca juga manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda