Social WEB

Saturday 27 June 2015

Para ilmuwan berhasil menciptakan hologram 3D yang dapat disentuh

Para ilmuwan berhasil menciptakan hologram 3D yang dapat disentuh

mungkin teknologi yang paling berkesan dalam film Star Wars adalah hologram tiga dimensi dari Princess Leia . Para ilmuwan telah mencoba untuk mengubah cerita fiksi ini menjadi kenyataan selama bertahun-tahun , dengan berbagai percobaan dan penelitian . Tetapi penelitian terbaru mengenai proyeksi laser akhirnya dapat diselesaikan. Dan hasilnya adalah berupa hologram yang dapat kita sentuh .


Tim peneliti , yang terdiri dari para ilmuwan dari universitas di seluruh Jepang , telah berhasil membuat tampilan dari laser femtosecond , yang mereka panggil " Lights Fairy" atau peri cahaya. Laser ini berupa pulsa di seper seribu detik yang mengubah udara di titik tertentu dalam plasma atau udara yang terionisasi sehingga dapat Anda sentuh . Pimpinan dalam penelitian Yoichi Ochiai mengatakan bahwa plasma tersebut terasa seperti amplas .

Tim Penelitian menunjukkan bahwa segala macam fiksi ilmiah dimungkinkan dapat ditampilkan di masa depan. Kita bisa memiliki hologram yang dapat membungkus benda di dunia nyata, bagian tubuh, ataupun komputer yang dapat mengapung di udara. Laser pulsa sangat cepat sehingga kita tak perlu lagi takut menyentuh layar dengan keadaan jari-jari kita kotor karena selesai makan. Kita akan tetap bisa menggunakan komputer secara bebas seperti menggerakkan mouse dan melihat kursor bergerak di layar tanpa takut layar terkotori.

Upaya telah ada sebelumnya untuk mengubah laser menjadi hologram, namun batu kali ini menuai keberhasilan. laser femtosecond ini memiliki satu keuntungan utama: tidak akan membakar kulit Anda jika Anda menyentuhnya. Tim Peri cahaya pulsa laser pada tingkat yang lebih cepat yang berarti paparan radiasi sinar Laser akan berkurang untuk kulit Anda sehingga hologram ini benar-benar sangat aman. Yang lebih mengagumkan adalah bahwa tim peneliti telah berhasil menciptakan hologram kecil-tidak lebih besar dari ukuran kepala peniti.

Spectrum IEEE melaporkan bahwa secara teoritis mungkin untuk menunjukkan ini dalam rangka meningkatkan masa depan kita. Sehingga bukan tidak mungkin lagi jika kelak kita akan bisa menjelajah galaksi yang sangat jauh seperti di film fiksi.


Sumber: http://www.msn.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda