Social WEB

Saturday 20 June 2015

Fisika dan Teknik Pencak Silat (part 2)



Fisika dan Teknik Pencak Silat (part 2)


tendangan sabit


Teknik pencak silat yang akan kita bahas selanjutnya adalah tendangan sabit atau yang lebih dikenal dengan tendangan C. Seperti halnya teknik serkel, teknik tendangan C juga ada 2 macam yaitu C keplek dan C cucuk. Tendangan C keplek menggunaan punggung kaki, sementara tendangan C cucuk menggunakan ujung dari telapak kaki. Dalam hal ini kita juga akan menganalisis teknik tendangan mana yang mempunyai kekuatan dan daya hancur lebih besar.


Bagi sobat yang awam mengenai teknik pencak silat bisa melihat video teknik pencak silat di youtube. Karena jika sobat dari awal tidak mengetahui apa itu tendangan sabit, maka penjelasan selanjutnya untuk analisis tendangan juga akan sulit diterima. Dan bagi sobat yang sudah faham atau bahkan juga ikut pencak silat bisa langsung melanjutkan membaca artikel ini.

Dalam kasus ini momentum sudut antara tendangan C keplek dan C cucuk sama. Hal ini dikarenakan jari-jari lintasan kedua teknik tendangan sama besar. Sehingga konsep fisika yang akan kita gunakan untuk membandingkan kedua tendangan tersebut adalah konsep tekanan. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa tekanan yang diberikan kepada sebuah benda (didefinisikan sebagai P) itu sebanding dengan besarnya gaya yang mengenai benda itu (didefinisikan sebagai F) dan berbanding terbalik dengan luas penampang benda yang dikenai oleh gaya (didefinisikan sebagai A). Sehingga tekanan dapat dirumuskan sebagai,
 


Selanjutnya kita akan membahas kedua jenis tendangan tersebut satu persatu.

       1. Tendangan C keplek
       Tendangan C keplek menggunakan punggung kaki untuk menyerang sehingga bagian inilah yang mengenai sasaran. Besarnya tekanan yang dihasilkan oleh tendangan ini sama dengan besarnya gaya yang diberikan dibagi dengan luas punggung kaki yang mengenai sasaran. Jadi semakin kecil luas penampang, maka akan semakin besar tekanan yang diberikan oleh kaki.
       2. Tendangan C cucuk
     Teknik tendangan ini hampir sama dengan tendangan C keplek, hanya saja bagian kaki yang digunakan untuk menendang adalah ujung dari telapak kaki. Jika dilihat luas dari ujung telapak kaki lebih kecil dibandingkan dengan luas punggung kaki. Sehingga secara konsep fisika bisa dipastikan bahwa tendangan C keplek mempunyai daya hancur yang lebih besar daripada tendangan C cucuk.

   Untuk membuktikan kebenaran dari kedua analisis diatas diperlukan pengujian dengan menggunakan alat pengukur kekuatan tendangan yang dipasang pada sandsack. Pengujian tersebut harus dilakukan oleh orang yang sama dan besar gaya yang sama. Agar hasilnya lebih akurat diperlukan percobaan berulang-ulang.

sumber: fajar agus purnomo, aplikasi konsep dasar fisika pada teknik dasar serangan pencak silat persaudaraan setia hati terate. 2014

1 comments:

Assalamualaikum kak, kak kalo boleh bisa gak minta sumbernya kak
Buat penelitian kak?

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda